19 Januari 2016

Senjata Gerilyawan Vietnam Semasa Perang Dengan Amerika Serikat

Selama hampir 3 dekade, dunia harus menyaksikan perang di Vietnam. Latar belakang perang tersebut adalah ideologi yang berbeda antara Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara) yang berideologi komunis. Jutaan nyawa tak berdosa menjadi perang yang berlangsung sejak tahun 1957 hingga 1975. Hingga kini bekas perang Vietnam masih dapat disaksikan termasuk senjata sederhana namun mematikan yang digunakan oleh para gerilyawan.

Ilustrasi Senjata Gerilyawan Vietnam Semasa Perang Dengan Amerika Serikat - Upayawan

Berikut ini adalah Senjata Gerilyawan Vietnam Semasa Perang Dengan Amerika Serikat, yaitu:
  • Besi Tajam Untuk Kaki. Serupa dengan perangkap nomer satu, jebakan ini pun mengincar kaki. Besi-besi tajam ini ditanam di bumi dan siap menusuk kaki siapapun yang menginjaknya. Jelas sepatu boot tentara tidak akan bisa menahan tusukan besi setajam itu.
  • Bola Paku. Nah kalau ini lebih gila lagi, disaat tentara Amerika tidak mengerti medan pertempuran di tengah hutan, banyak tentara yang akhirnya tewas tertusuk jarum-jarum dari bola paku ini, dikabarkan ribuan tentara Amerika gugur akibat jebakan ini.
  • Kayu Bertanduk. Perangkap yang terlihat pada photo di atas tidak asing kan? Ya, potongan pohon bertanduk tajam ini memang sering terlihat di adegan film Hollwood. umumnya potongan pohon itu dikaitkan dengan tali dan siap menghujam jikalau mendapatkan respon dari lawan.
  • Liang Jebakan. Demi mempertahankan wilayahnya, rakyat Vietnam siap melakukan apa saja. Salah satu taktik mereka yakni membuat lubang di tanah dan menutupinya maka lawan tidak akan menduga jika tubuh mereka berpijak pada tanah yang berlubang. Jebakan macam ini sangat sering kelihatan di film Hollywood.
  • Perangkap Kaki. Apabila tidak waspada, pasukan Amerika dapat merasakan pedihnya siksaan ini. Jebakan ini mengincar kaki serdadu lawan. Sekali masuk perangkap, kemungkinan tentara itu dapat kehilangan kakinya. Mengerikan bukan?

Referensi: keepo.me
Tidak ada komentar: