7 Januari 2016

Trik Mengajukan Kredit Bank

Lintas-posting dari Primagrafi.

Meskipun bukanlah hal yang mudah untuk mengajukan kredit Bank namun banyak orang menganggap sepele beberapa hal penting yang terdapat pada proposal peminjaman bank. Untuk menghindari respon yang terlalu lama dari bank, berikut ini adalah tips mengajukan kredit bank, yaitu:

Ilustrasi Tips Mengajukan Kredit Bank - Primagrafi
Sumber Gambar: themes.googleusercontent.com

Menyesuaikan Kebutuhan

Anda perlu mengetahui jenis kredit yang diajukan. Untuk kebutuhan apa. Apakah kredit modal kerja, kepemilikan rumah atau kredit pemilikan mobil, biaya pendidikan dan sebagainya. Dengan begitu, Anda sudah memiliki gambaran jenis kredit yang akan diajukan. Jangan lupa melakukan penghitungan atau estimasi dana yang dibutuhkan.

Menyiapkan Dokumen

Siapkan dokumen standar yang diperlukan saat mengajukan kredit di bank. Dokumen tersebut berupa KTP, slip gaji asli jika karyawan, NPWP dan Kartu Keluarga. Bila pengajuan untuk perusahaan, biasanya menyertakan akta pendirian perusahaan. Di sertai dokumen lain seperti NPWP, SIUP, SITU, TDP atau SKDU. Bila kurang mengerti, Anda bisa membuka website bank bersangkutan untuk mengetahui secara lengkap syarat pengajuan kredit.

Menyiapkan Rekening Koran Tabungan

Siapkan rekening koran yang dibutuhkan dalam jangka waktu tiga bulan terakhir. Rekening koran dijadikan bahan rujukan penghasilan yang diterima setiap bulannya.

Melakukan Investigasi Kecil

Ada baiknya melakukan investigasi kecil-kecilan. Seperti mencari tahu reputasi bank. Itu dilakukan agar Anda bisa membandingkan antara bank yang satu dengan bank lainnya. Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangan di bank tersebut. Cari tahu juga berapa lama proses kredit yang akan Anda ajukan. Untuk lebih mudah, lakukan pengajuan kredit bank secara online. Selain memberi Anda kemudahan dalam melakukan perbandingan, layanan portal finansial online juga dapat memperlihatkan benefit dari masing-masing kredit yang dikeluarkan oleh bank.

Meminta Saran Dari Nasabah Lain

Cara ini bisa dilakukan sebagai bahan pertimbangan. Cobalah untuk bertanya kepada kerabat terdekat Anda, mungkin saja mereka punya pengalaman mengajukan kredit. Semua pengalaman bisa menjadi pertimbangan.

Memperhatikan Suku Bunga Kredit

Lihat suku bunga bank apakah suku bunga flat, fixed atau floating sehingga punya patokan dan bisa memprediksi cicilan per bulannya. Lihat suku bunga kredit di beberapa bank sehingga bisa mendapatkan yang terbaik.

Melakukan Perhitungan Biaya

Perhatikan pula perhitungan biaya yang dikeluarkan saat mengajukan kredit di bank. Untuk kredit pemilikan rumah, Anda harus mengalokasikan biaya administrasi bank dan notaris.

Melakukan Simulasi Kredit

Mintalah simulasi kredit bank. Itu penting untuk memperkirakan dengan total penghasilan yang diterima. Perhitungkan pula jangka waktu cicilan kredit tersebut.

Memperkirakan Kemampuan Bayar

Yang tak kalah pentingnya adalah memperhitungkan kemampuan bayar. Jangan sampai, setelah kredit disetujui malah pontang-panting membayar angsurannya. Paling tidak, angsuran kredit tidak lebih tinggi dari 30% dari penghasilan.

Melakukan Cek di Bank Indonesia

Anda perlu melakukan cek ke Bank Indonesia untuk mengetahui apakah punya masalah dengan bank atau tidak. Hal ini terkait riwayat kredit yang Anda miliki. Apakah Anda pernah bermasalah dengan BI Checking atau tidak, hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi bank pemberi kredit. Jika ada masalah, segera selesaikan agar kredit yang diajukan bisa lekas cair.

Mengalokasi Kredit

Bila bank telah menyalurkan kredit, jangan lupa mengalokasikan kredit sesuai tujuan. Jangan sampai dana yang didapat itu meleset dari tujuan.

Melakukan Bayar Cicilan

Sebaiknya, bila kredit telah didapat, tertiblah dalam membayar cicilan kredit. Jangan sampai menunda-nunda pembayaran jika tagihan dana memang telah tersedia. Semoga membantu mempermudah Anda mengajukan kredit.
· · ·

Nah, sudah jelas tentang langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengajukan kredit. Bila ingin mudah, lakukan perbandingan pinjaman Anda secara online. Puluhan bank bisa Anda ketahui detail produknya dengan satu kali proses.
Tidak ada komentar: