31 Desember 2015

Manfaat Memiliki Ilmu

Setiap manusia memiliki kewajiban mencari ilmu karena tanpa memiliki ilmu akan menimbulkan kesulitan di masa mendatang. Selain itu, dengan memiliki ilmu maka akan mengurangi risiko dibodohi orang lain. Beikut ini adalah manfaat yang bisa didapat dengan memiliki ilmu, yaitu:

Ilustrasi Manfaat Memiliki Ilmu - Upayawan

  • Ilmu adalah amalan yang tidak terputus pahalanya sebagaimana dalam hadits: "jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara: shodaqoh jariahnya, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya," (HR Bukhori dan Muslim)
  • Menjadi saksi terhadap kebenaran sebagaimana dalam firman Allah SWT: (Allah menyatakan bahwasanya tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali dia. Yang menegakkan keadilan. para malaikat dan orang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu,). (QS. Ali Imran 18)
  • Allah memerintahkan kepada nabinya Muhammad SAW untuk meminta ditambahkan ilmu sebagaimana dalam firman Allah, (... dan katakanlah: Ya Rabb ku, tambahkanlah kepadaku ilmu) (QS.Thahaa 114)
  • Allah mengangkat derajat orang yang berilmu. Sebagaimana firman Allah, (... Allah mengangkat orang beriman dan memiliki ilmu diantara kalian beberapa derajat dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan). (QS. Mujadilah 11)
  • Orang berilmu adalah orang yang takut Allah SWT, sebagaimana dalam firmannya: (.... sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hambanya hanyalah orang-orangyang berilmu). (QS. Fathir 25).
  • Ilmu adalah anugerah Allah yang sangat besar, sebagaimana firman-Nya: (Allah menganugerahkan al-hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al-Quran dan As-Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah)). ( QS. Al-Baqarah 269)
  • Ilmu merupakan tanda kebaikan Allah kepada seseorang "Barang siapa yang Allah menghendaki kebaikan padanya, maka Allah akan membuat dia paham dalam agama," (HR Bukhari dan Muslim).
  • Menuntut ilmu merupakan jalan menuju surga, "Barang siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surge," (HR Muslim).
  • Diperbolehkannya "hasad" kepada ahli ilmu,"Tidak hasad kecuali dalam dua hal, yaitu terhadap orang yang Allah beri harta dan ia menggunakannya dalam kebenaran dan orang yang Allah beri hikmah lalu ia mengamalkannya dan mengajarkannya," (HR Bukhari ).
  • Malaikat akan membentangkan sayap terhadap penuntut ilmu,"Sesungguhnya para malaikat benar-benar membentangkan sayapnya karena ridho atas apa yang dicarinya," (HR. Ahmad dan Ibnu majah).
Sumber: kolom.abatasa.co.id
Tidak ada komentar: