21 Desember 2015

5 Pajak Aneh Yang Pernah Diterapkan Di Dunia

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Ilustrasi 5 Pajak Aneh Yang Pernah Diterapkan Di Dunia - Upayawan

Berbicara tentang pajak,ada yang cinta ada juga yang benci. Bahkan bisa menyebabkan konflik yang luar biasa bila dibandingkan dengan persoalan lainnya yang sejenis. Faktanya, mayoritas penyebab perang berkisar seputar persoalan uang dan pajak. Bahkan perang saudara di Amerika yang katanya berdasarkan ideologi: "Benar vs Salah"sebenarnya banyak dipengaruhi oleh faktor Pajak. Sepanjang sejarah peradaban dunia belum ada cerita yang mengatakan bahwa masyarakatnya tidak dikenakan pajak alias bebas pajak. Mereka semua(peradaban tsb) pasti telah/pernah menerapkan peraturan perpajakan dalam pemerintahannya. Meskipun pada zaman sekarang pajak merupakan kewajiban pokok yang terasa "normal" peraturannya,dahulu dizaman Romawi kuno contohnya urin kita dikenakan pajak karena berguna untuk membersihkan cucian(yang dipakai adalah zat amonia yang terkandung didalam urinnya). Pada zaman abad pertengahan misalnya,ada sebagian Raja yang membebankan pajak terhadap para prajuritnya yang tidak mau berperang dengan julukan/sebutan "Pajak Pengecut." Nah...Bagaimana kalo dizaman sekarang ?Adalah IRS yang menawarkan pembebasan pajak terhadap uang tebusan. Syaratnya :sang pencuri harus melaporkan properti curian mereka.

Berikut ini adalah 5 Pajak Aneh Yang Pernah Diterapkan Di Dunia, yaitu:
  1. Pajak Topi. Pajak topi diresmikan oleh pemerintahan Inggris pada tahun 1784. Nah untuk menghindari pajak, para produsen menggunakan kata lain selain "TOPI" yang merujuk pada tutup kepala. Pemerintah bisa diakali, hasilnya peraturan tersebut dicabut pada tahun 1811.
  2. Pajak Pengecut. Pertama kali dikenakan oleh Raja Henry I. Pada dasarnya hal tersebut merupakan cara untuk membebaskan para parjurit yang tidak mau berperang untuk keluar dari dalam area pertempuran.
  3. Pajak Buah. Di California,penjualan buah mendapatkan bebas pajak, tapi apabila dijual melalui mesin penjual otomatis : maka Anda dikenai pajak buah sebesar 33%.
  4. Pajak Nama Bayi. Di Swedia, Anda harus melaporkan nama bayi Agan ke direktorat pajak nasional untuk di setujui namanya. #kena pajak dulu, baru nama bayi resmi dipanggil.
  5. Pajak Popok. Di Connecticut,jika Agan membeli popok untuk keperluan sendiri, maka Anda bebas pajak. Tapi jika Anda belinya buat anak Anda atau orang lain, maka Anda bakal kena pajak.
Sumber: kaskus.co.id
Tidak ada komentar: