20 Desember 2015

5 Perbedaan Antara Kritik Dan Hujat

Bahasa menjadi salah satu alat untuk berkomunikasi namun karena tidak semua orang memahami bahasa antara satu dengan lainnya maka terkadang timbul perdebatan di dalamnya. Di era kebebasan berpendapat seperti sekarang ini setiap orang bebas mengutarakan isi pikirannya terhadap berbagai hal. Mulai dari isu sosial, politik, ekonomi, hingga hiburan semuanya dapat dikomentari. Apalagi dengan tersedianya kolom komentar di berbagai website dan media sosial, semakin mempermudah orang mengutarakan isi pikiran. Tinggal mengetik kalimat yang ada di pikiran pada kolom tersebut maka pendapat kita pun dapat dibaca oleh banyak orang.

Gambar 5 Perbedaan Antara Kritik Dan Hujat - Upayawan

Adapun 5 Perbedaan Antara Kritik Dan Hujat, yaitu:
  1. Kritik berisi kalimat koreksi yang memberi masukkan perbaikan. Sementara hujatan cenderung hanya berisi hinaan dan ejekan.
  2. Kritik tetap memedulikan pentingnya tata karma dalam berpendapat. Sementara hujatan akan berisi kalimat negatif yang tidak menghiraukan etika dalam komentar.
  3. Kritik akan fokus pada kekurangan hasil kerja. Sementara hujatan lebih fokus kepada pada orang yang menyelesaikan pekerjaan tersebut.
  4. Pemberi kritik akan berkomentar didasarkan alasan yang logis. Penghujat lebih senang berpendapat karena rasa tak suka.
  5. Kritik memiliki tujuan utama yang salah satunya adalah memberi inspirasi. Sementara hujatan tidak memiliki tujuan apapun kecuali untuk mendeskriditkan.
Sumber: kaskus.co.id
Tidak ada komentar: